Tips Packing Baju



Tentu saja saya sadar bahwa ada banyak cara mengepak baju di dalam ransel, dan tentu saja saya juga sadar kalau sebagian besar dari kamu tidak peduli apakah baju-bajumu rapi atau kucel. Namun setelah tinggal di jalan lebih dari 2 tahun hanya dengan backpack, tentunya saya punya cara mengepak baju favorit, dan saya ingin share ini kepada kalian!
Kelemahan melipat baju seperti di rumah selama traveling:
Well, lipatan baju mudah terburai, apalagi kalau kamu ingin mengambil baju terbawah. Saya orangnya pemalas, sekali terburai begitu, pasti secara asal-asalan saya lempar masuk ke dalam kantung. Volume kantung baju saya pasti mekar, harus dikempesin secara didudukin supaya bisa ditutup. Hasilnya? Baju jadi kucel semua. Tidak masalah kalau saya ada di destinasi alam, tapi agak malu kalau berada di kota metropolitan.
Kriteria mengepak baju yang ideal bagi saya:
  • Cepat
  • Ringkas (makan tempat sesedikit mungkin di ransel)
  • Tahan lungset/kucel
  • Anti berantakan (baju mana pun dapat dikeluarkan dengan mudah tanpa membuat isi kantung berantakan, tanpa harus berhati-hati)
Sebal kan, kalau harus lipat ulang baju sekantung, gara-gara baju yang mau dipakai berada di bawah! Karenanya, saya suka mengepak baju-baju saya secara:
Kamu butuh:
  • Baju (haha, nah lo!)
  • Kantung baju (hindari kantung kresek yang berisik dan bikin traveler lain di kamar hostel kamu terbangun saat mengeluarkan baju)
  • Karet gelang atau karet rambut (optional)
Cara:
  • Lipat baju kamu memanjang, dengan lebar sesuai dengan lebar kantung
  • Gulung erat-erat (hati-hati sedikit supaya tidak kucel dan tidak molor)
  • Ikat dengan karet gelang (supaya gulungan tidak terbuka tanpa sengaja)
  • Atur rapi di kantung supaya yang sering dipakai berada di atas
Nah, dengan demikian, sekali pun kamu ingin mengenakan baju yang paling bawah, semuanya tetap rapi. Tinggal keluarkan dengan mudah, tanpa harus hati-hati, gulungan-gulungan baju seperlunya untuk mencapai baju yang kamu mau. Raih bajumu, kemudian masukkan lagi sisa gulungan. Kantung baju tetap rapi!
Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Traveling Jangka Panjang

Tips Traveling Ala BackPacker