Tips Bawa Uang Saat BackPacker



Hi Backpackers! Kali ini kami ingin sharing mengenai strategi kami membawa uang selama bepergian. Tentunya setiap pelancong memiliki triknya sendiri-sendiri. Berikut ini adalah cara kami, yang kami maksimalkan sehubungan dengan sifat traveling kami yang berjangka panjang dan kerap berganti negara. Jangka panjang artinya kami tidak mungkin untuk membawa cash cukup untuk seluruh perjalanan sekaligus, dan kerap berganti negara artinya kami harus mempertimbangkan cara mendapatkan uang dalam mata uang yang berbeda-beda. Selamat membaca ðŸ™‚

Cash minimalis

Kami tidak suka ribet dengan dompet tebal berisi uang tunai. Ribet, resiko uang bertumpah ruah, juga mengundang perhatian para pencuri. Sebisa mungkin, kami membatasi jumlah uang tunai kami, dan mengandalkan kartu-kartu ajaib kami. Kartu ATM dan kartu kredit. Lebih praktis dan aman. Karena jika hilang atau tercuri, dapat diblokir dengan mudah. Sedangkan jika segepok uang tunai hilang, ya sudah, hilang.

Tips aman membawa cash, kartu ATM, dan kartu kredit

Letakkan uang tunai terpencar di beberapa lokasi, sehingga jika 1 hilang atau kecurian, yang lain masih ada sebagai back up. Misalnya sebagian di dompet, sebagian di ransel/koper utama yang ditinggal terkunci di penginapan, sebagian di tas harian. Kalau perlu di lokasi tersembunyi untuk mempersulit pencurian. Walau masih nyesek kehilangan uang, setidaknya tidak seluruhnya lenyap. Begitu pula untuk kartu ATM dan kartu kredit, letakkan terpencar-pencar.

Tips seputar kartu ATM

Perhatikan biaya tarik tunai per transaksi, apalagi jika berada di luar negeri. Kemungkinan ada biaya dari bank kita sendiri, dan mungkin ditambah dengan biaya dari bank ATM yang kita pakai. Besarnya berbeda-beda, yang kami alami biasanya berkisar antara 2-3 USD masing-masingnya. Sehingga sekali transaksi bisa terkena 6 USD. Biaya ini adalah biaya sekali tarik, tidak tergantung jumlah uang yang ditarik. Karenanya agar hemat, bisa ambil dalam jumlah besar sekaligus daripada bolak-balik ambil jumlah kecil dan tiap-tiapnya terkena biaya transaksi. Tentunya jangan lupa untuk menyimpan uang dengan hati-hati dalam penarikan jumlah besar.
Cara menghindari biaya ini, carilah ATM dari bank yang sudah bekerja sama dengan bank anda, biasanya tak lagi dikenakan biaya transaksi. Bisa ditanyakan langsung ke bank anda masing-masing.
Jika kami akan segera meninggalkan negara ybs, maka kami akan mengambil uang seperlunya saja, agar habis tepat pada saat meninggalkan negara tersebut dan tak perlu repot menukarkan sisanya dengan mata uang negara berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Packing Baju

Tips Traveling Jangka Panjang

Tips Traveling Ala BackPacker